Pengertian Arsitektur Komputer adalah lebih cenedrung dikategorikan pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh : set instruksi, aritmatika yang digunakan teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Gambar Diagram Blog Arsitektur Komputer
Bagian Utama Pada Sistem Komputer
- CPU (Control Prosessing Unit) merupakan bagian fungsional yang utama pada sebuah sistem komputer, serta dapat dikatakan CPU merupakan otak dari komputer. Fungsi dari CPU adalah (1) membaca, mengkodekan dan mengeksekusikan instruksi program.(2) mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian I/O. (3) merespon insterupsi dari luar. Menyediakan clock dan sinyal kontrol ke sistem.
- Memori adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.
- RAM (Random Access Memory) adalah memori yang dapat dibaca atau di tulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila daya listrik di putuskan.
- ROM (Read Only Memory) adalah memori yang dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM bersifat non-volatile artinya data tidak akan terhapus bila komputer tersebut dimatikan karena ROM dipergunakan untuk menyimpan data.
- Perantara Input Output atau I/O untuk menghubungkan piranti luar pada sistem komputer dan membutuhkan perantara I/O. Perangkat I/O sebagai jembatan penghubung antara mikrokomputer dengan piranti luar system dapat menerima data dari mikrokomputer dan dapat juga memberi data ke mikrokomputer.
- Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345″.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman ”tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi). - Pengalamatan adalah bagaimana cara menunjuk dan mengalamati suatu lokasi memori pada sebuah alamat di mana operand akan diambil. Mode pengalamatan diterapkan pada set instruksi, dimana pada umumnya instruksi terdiri dari opcode (kode operasi) dan alamat. Setiap mode pengalamatan memberikan fleksibilitas khusus yang sangat penting. Mode pengalamatan ini meliputi direct addressing, indirect addressing, dan immediate addressing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar